Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, Februari 03, 2008

Al-Quran kuno dinasti MUGHAL

Tanda tangan di belakang kitab itu menunjuk pada nama Raja Aurangzeb, diduga sebagai pemilik Alquran ini, yang memerintah India tahun 1658 hingga 1707.

Sedianya, buntalan itu akan segera diselundupkan ke luar India. Tak ada catatan apapun dalam kemasannya. Hanya disebutkan, barang itu adalah peninggalan Kerajaan Mughal yang berjaya di India tahun 1600-an.

Untungnya, kepolisian Bangalore bertindak sigap. Hotel tempat transaksi digerebek. Barang yang sedianya akan dilepas dengan harga satu juta dolar AS itu ternyata adalah Alquran kuno. Dibingkau dengan sampul bersulam warna emas, Alquran tulisan tangan dengan huruf Arab Persia ini tebalnya 1.000 halaman.

Kepolisian Bengalore mengirimkan Alquran itu ke The Archaeological Survey of India (ASI) untuk dikaji lebih lanjut. Termasuk dalam penelitian arkeologi itu adalah untuk menentukan umur dan pada masa siapa Alquran ini dibuat.

Penyelidikan sementara menemukan, Alquran ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mughal. Tanda tangan di belakang kitab itu menunjuk pada nama Raja Aurangzeb – diduga sebagai pemilik Alquran ini – yang memerintah India tahun 1658 hingga 1707.

Menurut Habib Beary, koresponden BBC di Bangalore, Alquran seberat 13 kg ini sangat spesial. Selain masih terawat, juga berbau sangat harum.

Alquran itu juga lengkap 30 juz. Tiap juz ditulis dengan gaya kaligrafi yang berbeda.

sumber:

(tri/muslimnews) republika.co.id

sebagai tambahan dari kami bahwa :

alquran tertua telah laku di jual
Mushaf Alquran buatan tahun 1203 dilego di Balai Lelang Christie, London. Lelang kopi kitab suci umat Islam itu mencatat sejarah.

Balai lelang semula menaksir harganya melebihi GBP 350 ribu (sekitar Rp 6,5 miliar). Ternyata terjual dengan harga tiga kali lipat lebih dari prediksi. Mushaf Alquran yang diyakini tertua di dunia yang masih lengkap halamannya tersebut laku GBP 1.140.500 (sekitar Rp 21,4 miliar). "Penjualan Alquran kuno itu adalah rekor harga lelang untuk Alquran atau berbagai jenis naskah Islam lainnya," kata juru lelang Christie.

Di sisi lain, Kufic Alquran dari abad ke-10, yang diperkirakan dari Afrika Utara atau daerah di sebelah timurnya, juga terjual cukup tinggi, seharga GBP 916.500 (sekitar Rp 17 miliar). Keduanya ditawarkan oleh Hispanic Society of America, dan didapatkan oleh pembeli dari London.

sayang yaaaa...


Tidak ada komentar: